Gus Menteri Dialog dengan Kades Perempuan se-Indonesia

| Rabu, 09/06/2021 10:40 WIB
Gus Menteri Dialog dengan Kades Perempuan se-Indonesia Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar jadi pembicara kunci dalam Rapat Koordinasi Nasional Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa 8 Juni 2021.

Dalam kesempatan itu, Gus Menteri sapaan akrabnya mengatakan, Desa Ramah Perempuan dan Desa Peduli Anak akan menjadi episentrum baru pembangunan yang mendorong meningkatnya kesejahteraan dan kesehatan, akses terhadap pendidikan yang berkualitas, menurunkan angka perkawinan anak, menumbuhkan pusat ekonomi yang berbasis rumahan sehingga ibu rumah tangga memiliki otonomi dalam pendapatan rumahan.

"Saya yakin Kepala Desa dan Masyarakat Desa mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi," kata Gus Menteri.

Gus Menteri menuturkan, Dana Desa sangat berikan ruang untuk menangani persoalan perempuan dan anak. Kemendes PDTT saat ini, katanya, sedang fokus dengan pemutakhiran Data berbasis SDGs Desa untuk hasilkan potret kondisi riil desa terhadap semua persoalan dan potensi yang dihadapi.

"SDGs Desa memberikan perhatian seimbang atas pemetaan terhadap masalah dan potensi yang dimiliki Desa," katanya. 

Hingga hari ini, ungkap Gus Menteri, data yang berhasil diunggah ke Sistem Informasi Desa yaitu sebanyak 38.533 Desa dengan 25.571.830 Kepala Keluarga dengan total warga mencapai 75 .429.368 orang.

Tags : Kemendes PDTT , Gus Menteri