Wapres Maruf Amin Minta BLK Komunitas Kembangkan Pelatihan Sesuai Kebutuhan Pasar

| Rabu, 09/06/2021 22:10 WIB
Wapres Maruf Amin Minta BLK Komunitas Kembangkan Pelatihan Sesuai Kebutuhan Pasar Wakil Presiden KH Maruf Amin meresmikan Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat sekaligus menghadiri acara Rembuk Nasional Vokasi dan Peresmian BLK Komunitas Ponpes Cipasung, Selasa (8/6). (Foto: twitter @KemnakerRI)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meresmikan secara langsung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa, 8 Juni 2021. Kiai Maruf meminta agar BLK Komunitas terus mengembangkan kejuruan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja dan dunia industri (link and match).

“Langkah dan kebijakan pengembangan BLK Komunitas tentu saja perlu disesuaikan pula atau bersifat link and match dengan industri yang ada di sekitar BLK Komunitas,” ujarnya.

Menurut Kiai Maruf, perkembangan revolusi industri 4.0 dan teknologi digital yang semakin cepat telah mendisrupsi beragam sektor kehidupan, termasuk industri dan ketenagakerjaan. Menurutnya, perkembangan teknologi digital telah menghilangkan berbagai profesi pekerjaan yang sebelumnya bisa dilakukan oleh manusia saat ini telah digantikan oleh kecerdasan buatan.

Untuk itu, Wapres meminta hal tersebut harus diantisipasi oleh BLK Komunitas dalam mempersiapkan program pelatihannya. Kiai Maruf juga meminta agar BLK Komunitas juga berkolaborasi dengan kalangan akademisi dan industri.

“BLK Komunitas juga perlu berkolaborasi dengan kalangan akademisi serta industri agar mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terkini guna mengantisipasi perkembangan dunia industri,” tuturnya.

Sebagaimana dilansir laman resmi Setkab RI, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan bahwa adanya BLK Komunitas diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas, pekerja, dan masyarakat umum. BLK Komunitas adalah unit pelatihan vokasi pada suatu komunitas di Lembaga Pendidikan Keagamaan Non Pemerintah yang meliputi pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, serta komunitas serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Tags : Wapres , Maruf Amin , BLK Komunitas , Teknologi Digital