Penularan Covid-19 Naik Lagi, PKB : Presiden Perlu Pimpin Sendiri Vaksinasi

| Selasa, 15/06/2021 14:51 WIB
Penularan Covid-19 Naik Lagi, PKB : Presiden Perlu Pimpin Sendiri Vaksinasi Sekretaris Gerakan Sosial dan Kebencanaan DPP PKB, Luqman Hakim (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Sekretaris Gerakan Sosial dan Kebencanaan DPP PKB, Luqman Hakim mengungkapkan, meningkatnya angka positif Covid-19 beberapa hari terakhir di banyak daerah, sungguh bukan kenyataan yang diharapkan terjadi. Selain karena adanya varian baru virus Covid yang diperkirakan lebih cepat penularannya, kebijakan pemerintah yang mengizinkan tempat-tempat wisata dibuka pada libur panjang lebaran kemarin, layak disebut sebagai faktor yang membuat parah penyebaran Covid-19 saat ini.

“Saya memberi apresiasi kepada Menteri Dalam Negeri yang bergerak cepat dengan menerbitkan instruksi nomor 13 tahun 2021 kepada pemerintah daerah agar mengencangkan kembali pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat,” kata Luqman dalam keterangan persnya, Selasa 15 Juni 2021.

Menurutnya, pemerintah daerah dan masyarakat memang perlu terus menerus diingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena gejala kejenuhan masyarakat atas pandemi Covid-19 terjadi secara meluas. Begitu juga dengan sebagian pemerintah daerah yang mulai kendor dalam pengendalian Covid-19 di daerahnya sendiri.

“Instruksi Mendagri ini belum cukup mengatasi masalah. Di tengah kejenuhan masyarakat yang meluas, naiknya kembali angka penularan Covid-19 tentu sangat merisaukan. Saya tentu berharap pemerintah dapat meyakinkan masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan. Tetapi itu tidak cukup,” katanya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fraksi PKB itu menegaskan bahwamau tidak mau, entah bagaimana caranya, proses vaksinasi harus dipercepat perluasan jangkauannya kepada masyarakat. Untuk percepatan vaksinasi inilah, Presiden Jokowi perlu memimpin sendiri program vaksinasi agar hambatan-hambatan pelaksanaan vaksinasi dapat diretas dengan mudah.

“Saya yakin, jika setiap hari program vaksinasi mampu menjangkau minimal 2 (dua) juta orang, maka dalam waktu tidak lama akan tercipta kekebalan komunal yang menjadi syarat utama pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan dapat berjalan normal Kembali,” tegasnya.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait