Dashboard Vaksinasi Kemenkes Sajikan Informasi Aktual COVID-19 di Indonesia

| Kamis, 17/06/2021 19:32 WIB
Dashboard Vaksinasi Kemenkes Sajikan Informasi Aktual COVID-19 di Indonesia ilustrasi (Credit: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Dalam proses penanggulangan COVID-19, keterbukaan data maupun informasi merupakan komponen yang sangat penting. Hal ini dapat meningkatkan sekaligus menjadi landasan keterlibatan semua kalangan masyarakat untuk aktif dalam mengawasi dan memberi masukan terkait perkembangan situasi pandemi dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan pusat.

Untuk mempermudah akses terhadap perkembangan pandemi COVID-19 sekaligus sebagai bentuk transparansi pemerintah kepada masyarakat, Kementerian Kesehatan telah menyediakan informasi seputar situasi terkini COVID-19 di Indonesia yang dapat diakses melalui website https://vaksin.kemkes.go.id/scprovinsi

Dilansir kemkesgoid, data yang dirilis meliputi data Tingkat Transmisi Komunitas yang terdiri dari Kasus Konfirmasi, Rawat Inap di RS, dan Kematian serta Kapasitas Respon yang terdiri dari Positivity Rate, Tracing, dan Keterisian Tempat Tidur (Bed Occupacy Ratio).

Berdasarkan penilaian tingkat transmisi dan kapasitas respon, kemudian dapat ditetapkan tingkat situasional pandemi baik tingkat nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota. Hal ini dapat menginformasikan apakah perlu dilakukan penyesuaian strategi serta percepatan penanggulangan pandemi di daerah tertentu.

"Dari asesmen tersebut, selanjutnya dapat dilakukan respon kebijakan berdasarkan analisis tingkat situasi. Kebijakan tersebut bisa berupa: 1) meningkatkan kapasitas respon, 2) menurunkan tingkat transmisi, atau 3) kombinasi dari poin 1 dan 2," jelas Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, drg. Widyawati.

Menurutnya, keberhasilan dari respon tersebut akan ditentukan dari perkembangan situasi COVID-19 di daerah masing-masing, kebijakan yang berhasil akan ditandai dengan pergeseran tingkat situasi ke tingkat yang lebih rendah.

Kementerian Kesehatan, kata Widyawati memastikan bahwa setiap data dan angka yang disajikan valid, akurat dan diupdate setiap harinya. Dengan data ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai landasan perumusan kebijakan maupun keputusan yang tepat dalam kerangka penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait