Perkuat Literasi Digital Penyuluh Agama, Kemenag Gandeng Kominfo

| Selasa, 22/06/2021 12:38 WIB
Perkuat Literasi Digital Penyuluh Agama, Kemenag Gandeng Kominfo Kemenag dan Kominfo melakukan kerjasama untuk mengembangkan literasi digital penyuluh agama (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). MoU ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital penyuluh agama.

Nota kesepahaman ini ditandatangani Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dan Kepala Balitbang SDM Kominfo Hary Budiarto, di Gedung Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kominfo, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin 21 Juni 2021 kemarin.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menuturkan pentingnya penandatanganan nota kesepahaman terkait Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Penyuluh Agama ini. Menurutnya, melalui pelatihan TIK, penyuluh agama diharapkan dapat menaklukan tantangan dakwah di era digital ini. 

“Kita berharap nanti teman-teman penyuluh ini bisa menguasai media digital, berceramah mengisi ruang-ruang spiritualitas umat secara luas dan lebih besar lagi,” kata Kamaruddin usai penandatanganan nota kesepahaman yang dirangkai dengan pembukaan Training of Trainer (TOT) TIK bagi 60 penyuluh agama. 

Kamaruddin menambahkan, dalam dunia digital saat ini sedang terjadi pertarungan ide dan gagasan. Para penyuluh, kata Kamaruddin, harus bisa mengasah kemampuan dalam pertarungan ide dan gagasan tersebut. 

“Ini tantangan kita, tantangan penyuluh. Kalau kita kreatif dalam membuat konten menarik dalam dunia digital dan media sosial, maka kita akan mampu bersaing,” tutur Kamaruddin. 

“Sehingga yang menang adalah mereka yang kreatif, inovatif, yang mengikuti bahasa anak muda, bahasa umum yang connect dengan media komunikasi digital ini,” imbuhnya. 

Tags : Gus Yaqut , Menag , Kemenag

Berita Terkait