TNI dan Polri Terus Perkuat `Empat Pilar` Dukung Pelaksanaan PPKM Mikro

| Selasa, 22/06/2021 20:20 WIB
TNI dan Polri Terus Perkuat `Empat Pilar` Dukung Pelaksanaan PPKM Mikro Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah memperketat mobilitas masyarakat. Hal itu untuk menekan lonjakan kasus COVID-19 yang beberapa hari terakhir kembali tinggi.

Pemerintah juga melibatkan TNI dan Polri secara langsung untuk memperkuat implementasi PPKM (Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berbasis Mikro. Penguatan `Empat Pilar` di masyarakat dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan pengetatan tersebut.

"Salah satu contoh adalah penguatan empat pilar yaitu kepala desa/kecamatan, kepala Puskesmas, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas. Empat pilar ini memiliki fungsi yang kuat untuk melaksanakan pencegahan, penanganan, pembinaan, dan dukungan terhadap pelaksanaan PPKM mikro," kata Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto seperti dilansir dari laman resmi Sekretariat Negara, Selasa, 22 Juni 2021.

Sementara itu, Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa penguatan implementasi PPKM Mikro telah dilakukan khsusunya di wilayah yang mengalami lonjakan kasus COVID-19. Kemudian, terkait penegakan aturan ataupun penegakan hukum di wilayah-wilayah yang telah ditentukan adanya pembatasan, Kapolri menyebut pihaknya akan perkuat pengawasan di wilayah yang melebihi jam operasional.

"Kita lakukan penutupan termasuk terhadap yang melanggar akan kita terapkan sanksi sesuai dengan kesepakatan yang telah dilaksanakan. Harapan kita ini betul-betul bisa dilaksanakan," ujarnya.

Tags : TNI , Polri , Empat Pilar , COVID-19 , PPKM Mikro