Wapres Minta Papua dan Papua Barat Terlayani Program Tol Langit

| Senin, 28/06/2021 21:01 WIB
Wapres Minta Papua dan Papua Barat Terlayani Program Tol Langit KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyampaikan, program tol langit yang tengah dibangun pemerintah mendukung upaya percepatan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan hingga seluruh penjuru Ranah Air, termasuk Papua dan Papua Barat. Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara Raja Ampat e-Festival yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) secara virtual, Senin, 28 Juni 2021.

“Program Tol Langit merupakan sebuah konsep akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan, ketersediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan informasi untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia,” ujar Kiai Maruf.

Untuk itu, Kiai Maruf meminta secara khusus kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) agar memastikan Papua dan Papua Barat dapat terlayani program Tol Langit tersebut.

“Saya meminta Menteri Komunikasi dan Informatika untuk memastikan wilayah Papua Barat dan Papua terlayani dengan baik. Keberhasilan Program Tol Langit akan mendorong inovasi, percepatan, dan perluasan integrasi ekonomi dan keuangan digital di tanah Papua Barat dan Papua dalam ekosistem digital nasional,” tegasnya.

Kiai Maruf mengungkapkan, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, pemerintah berkomitmen untuk terus melakukan upaya dalam meningkatkan berbagai pembangunan di Papua. Upaya tersebut salah satunya dilakukan melalui promosi pariwisata dan produk lokal khas tanah Papua melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia.

“Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia akan mendorong national branding produk lokal unggulan, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Sebelumnya, Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen kuat dalam upaya percepatan transformasi digital yang akan membawa Indonesia menuju bangsa digital dengan internet yang lebih cepat, tidak terkecuali pembangunan infrastruktur di Papua Barat.

“87 persen anggaran Kemenkominfo tahun 2021 dialokasikan khusus untuk pelaksanaan program transformasi digital di empat sektor utama, salah satunya infrastruktur digital. Provinsi Papua Barat akan menerima penggelaran 824 titik Base Transceiver Station Universal Service Obligation (BTS USO) 4G dan penguatan jaringan existing Palapa Ring timur dan Microwave Link sebagai bagian upaya pemerataan infrastruktur TIK di Papua Barat,” ujarnya.

Tags : Wapres , Tol Langit , Kominfo , Papua , Papua Barat