RS Asrama Haji Pondok Gede Telah Layani Pasien COVID-19

| Senin, 12/07/2021 21:10 WIB
RS Asrama Haji Pondok Gede Telah Layani Pasien COVID-19 Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah saat ini telah mengoperasikan Rumah Sakit (RS) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, untuk menangani pasien COVID-19. Hal itu sebagai langkah antisipasi lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia.

“Kami sesuai dengan tugas dan fungsinya menyiapkan tambahan rumah sakit, tidak hanya tempat isolasi tapi rumah sakit,” ujar menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangan persnya, Senin, 12 Juli 2021.

Dijelaskannya, RS Asrama haji telah beroperasi sejak Sabtu, 10 Juli 2021 lalu. Total gedung yang disiapkan sebanyak lima gedung, yakni Gedung A, B, C, H, dan D5.

“Gedung A sudah mulai dioperasikan sejak hari Sabtu, tanggal 10 Juli 2021, dan menurut laporan Pak Menkes tadi saat ini ada 40 pasien yang sudah ditempatkan di sana. Rumah Sakit Asrama Haji ini hanya menerima pasien rujukan dari rumah sakit atau puskesmas,” terangnya.

Ditambahkannya, RS tersbeut hanya melayani pasien dengan gejala ringan dan sedang. "DI sana tidak ada ICU, yang ada hanya HCU (High Care Unit)," ucapnya.

Selain itu, jelas Basuki, pemerintah juga telah menyiapkan tempat isolasi mandiri terpusat di Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta, dengan kapasitas 5.952 tempat tidur yang terdapat di tiga tower. Tower 1 sebanyak 689 unit dengan 2.067 tempat tidur telah siap beroperasi mulai hari ini.

“Untuk Tower 2 dan 3 sudah siap prasarananya, pagi hari tadi mulai masuk tempat tidurnya dan alkesnya. Nanti akan segera, kalau memang Tower 1 sudah penuh, itu akan dapat kita operasikan,” tuturnya.

Tags : PUPR , Rumah Sakit , Asrama Haji , COVID-19 , Indonesia