Mulai Dibangun, Asrama Haji Bekasi Akan Dilengkapi Ruang Poliklinik dan Gedung X-Ray

| Rabu, 14/07/2021 17:58 WIB
Mulai Dibangun, Asrama Haji Bekasi Akan Dilengkapi Ruang Poliklinik dan Gedung X-Ray Sekjen Kemenag Nizar Ali saat mengunjungi pembangunan Asrama Haji Bekasi (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Sarana prasarana layanan di asrama haji Bekasi akan semakin lengkap. Tahun ini segera dibangun gadung baru yang akan digunakan untuk ruang poliklinik, dapur, laundry dan juga gedung X-Ray.

Groundbreaking pembangunan gedung baru ini dilakukan oleh Sekjen Kemenag Nizar Ali di Bekasi, Rabu (14/07/2021). Bangunan tersebut diberi nama gedung Zamzam.

Gedung Zamzam dibangun dengan dana sebesar 25,5 miliar, bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2021.

Dalam kesempatan itu, Nizar mengatakan, pembangunan gedung Zamzam dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ia minta proses pembangunan tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat guna.

"Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), harus melaporkan progres kegiatan pembangunan ini secara berkala sesuai aturan yang berlaku. Usahakan semua berjalan sesuai rencana karena kegiatan konstruksi seharusnya tidak terkendala pandemi," tutur Nizar.

"Setelah pembangunan poliklinik, pihak-pihak terkait segera mengusulkan anjab terkait tenaga teknis untuk operasional poliklinik seperti perawat, dokter dan lainnya, sehingga pemanfaatan gedung yang direncanakan sangat baik ini dapat berfungsi dengan baik pula," sambungnya.

Sekjen Kemenag Nizar berharap gedung baru tersebut ramah terhadap layanan difabel, "Pembangunan asrama haji berbasis difabel sudah seharusnya dilakukan. Ini untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, karena asrama haji bukan hanya akan digunakan jemaah calon haji, tapi juga semua masyarakat," tutur Nizar.

Lebih lanjut Nizar mengungkapkan, fasilitas difabel hampir dipastikan nyaman untuk masyarakat lain pada umumnya. Jadi pembangunan untuk difabel layak untuk diprioritaskan.

"Setiap masyarakat berhak atas semua fasilitas yang dibangun dengan uang negara, tanpa terkecuali. Saudara-saudara kita yang difabel jangan sampai merasa dikesampingkan karena fasilitas yang ada juga untuk mereka," ungkapnya.

Tags : Gus Yaqut , Menag

Berita Terkait