PBNU Ajak Nahdliyin Alihkan Dana Kurban Bantu Warga Terdampak COVID-19

| Rabu, 14/07/2021 21:10 WIB
PBNU Ajak Nahdliyin Alihkan Dana Kurban Bantu Warga Terdampak COVID-19 Logo Nahdlatul Ulama. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah yang bertepatan pada Selasa, 20 Juli 2021 mendatang diselenggarakan ditengah masa pandemi COVID-19. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau kepada Nahdliyin agar mengalihkan dana yang akan dibelikan hewan kurban untuk membantu warga terdampak COVID-19.

"Pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak buruk di masyarakat terutama timbulnya masalah sosial ekonomi. Oleh karena itu, PBNU mengimbau warga Nahdliyin yang memiliki kemampuan secara ekonomi agar mendonasikan dana yang akan belikan hewan untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19," bunyi imbauan dalam Surat Edaran (SE) PBNU Nomor 5 poin C seperti dkutip dari NU Online, Rabu, 14 Juli 2021.

Namun, PBNU tetap mempersilahkan warga NU yang berkemampuan berdonasi untuk membantu warga terdampak COVID-19 dan mampu membeli hewan kurban agar melakukan keduanya. "Warga Nahdliyin yang memiliki kemampuan untuk berdonasi dalam rangka membantu penanggulangan dampak COVID-19 dan juga memiliki kemampuan untuk melaksanakan kurban, dipersilakan untuk melaksanakan keduanya."

PBNU pun mempersilakan warga NU untuk melaksanakan takbiran di masjid dan mushala dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun dengan catatan, dilaksanakan di daerah-daerah yang telah dinyatakan aman dari COVID-19 (zona hijau) oleh pemerintah setempat dan Satgas Penanganan COVID-19 setempat.

Tags : PBNU , Kurban , Idul Adha , COVID-19 , Indonesia

Berita Terkait