Menkes Budi Minta Pemda Segera Habiskan Sisa 19 Juta Vaksin

| Jum'at, 16/07/2021 19:45 WIB
Menkes Budi Minta Pemda Segera Habiskan Sisa 19 Juta Vaksin Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi di Waduk Pluit, Jakarta, Senin (14/6). (Foto: twitter @setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin meminta seluruh pemerintah daerah untuk segera menghabiskan sisa stok vaksin COVID-19 yang masih tersedia sebanyak 19 juta dosis. Disampaikannya, sisa vaksin tersebut segera disuntikkan kepada masyarakat yang berhak menerima vaksin.

"Mengenai program vaksinasi yang ada di kami, ada 75 juta di seluruh daerah di Indonesia. Sampai pagi ini sudah disuntikkan 56 juta dosis untuk 40 juta orang yang suntik pertama, sisanya suntik kedua. Jadi, dari 75 juta itu tinggal sisa di stoknya ada sekitar 19 juta dosis," ujar Budi dalam keterangan pers secara virtual, Jumat, 16 Juli 2021.

Diterangkannya, pemerintah sudah menerima kedatangan bahan baku vaksin COVID-19 yang cukup. Indonesia juga dijadwalkan akan kembali menerima kedatangan 30 juta vaksin tambahan pada akhir Agustus 2021 mendatang.

"Arahan Bapak Presiden, untuk vaksinasi ini agar dipercepat dan beliau memahami bahwa stok itu ditahan di daerah-daerah sebagai cadangan suntik kedua sebanyak 19 juta dosis," tuturnya.

Menurut Budi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar stok yang tersedia segera dihabiskan karena akan datang dosis vaksin baru. Selain itu, seluruh pemda, TNI dan Polri segera memanfaatkan stok yang ada di daerah-daerah agar segera disuntikkan kepada penerima manfaat.

Tags : Menteri Kesehatan , Vaksin , Pemerintah Daerah , Jokowi , COVID-19

Berita Terkait