Ketua DPR RI Minta Segera Kirim Vaksin ke Daerah yang Kehabisan Stok

| Rabu, 21/07/2021 18:40 WIB
Ketua DPR RI Minta Segera Kirim Vaksin ke Daerah yang Kehabisan Stok Presiden Jokowi menyaksikan vaksinasi untuk guru di SMAN 70 Jakarta (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mendorong pemerintah untuk memastikan ketersediaan vaksin COVID-19 di sejumlah daerah. Ditegaskannya, vaksinasi tidak boleh terhenti untuk mempercepat target herd immunity yang sudah ditetapkan.

"Antusiasme rakyat untuk divaksin di sejumlah daerah jangan sampai menurun karena vaksin tidak tersedia," ujar Puan dilansir dari laman resmi DPR RI, Rabu, 21 Juli 2021.

Dijelaskannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan pemerintah daerah untuk mempercepat menghabiskan stok vaksin. Namun, hal itu harus diimbangi dengan pengadaan vaksin yang juga cepat dari pemerintah pusat.

"Jangan sampai ada jeda. Vaksinasi jangan sampai terhenti karena vaksin tidak tersedia," tuturnya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah mempercepat vaksinasi. Sehingga, stok vaksin di daerah harus tetap ada stok agar vaksinasi tak berhenti.

“Pemda sudah menjalankan perintah Presiden agar vaksin dihabiskan dan tidak ada lagi stok. Tinggal sekarang pemerintah yang harus gerak cepat untuk mendatangkan vaksin. Jadi pemerintah pusat yang mendatangkan vaksin harus kejar-kejaran dengan pemerintah daerah yang melaksanakan vaksinasi,” tandasnya.

Seperti diketahui, laporan stok vaksin menipis atau bahkan habis disampaikan sejumlah kepala daerah di beberapa provinsi, antara lain Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, NTB hingga NTT. Beberapa daerah bahkan sudah menghentikan vaksinasi karena stok vaksin habis dan belum dikirim lagi oleh pemerintah pusat.

Tags : DPR RI , Vaksin , Vaksinasi , Daerah , Herd Immunity