300 Pedagang di Puncak Bogor Pasang Bendera Putih

| Kamis, 05/08/2021 15:56 WIB
300 Pedagang di Puncak Bogor Pasang Bendera Putih Pedagang di Puncak Bogor kibarkan Bendera Putih (foto:beritasatu.com)

RADARBANGSA.COM - Ratusan pedagang di kawasan Puncak, Bogor, mengibarkan bendera putih yang dipasang di lapak PKL miliknya. Pemasangan bendera putih tersebut sebagai simbol menyerah para pedagang karena imbas berkurangnya wisatawan di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Puncak, Teguh Mulyana, menuturkan, sekitar 300 pedagang itu mulai dari usaha kuliner, oleh-oleh, hingga warung klontong.

"Ini merupakan bentuk pesan kepada pemerintah bahwa kami menyerah dengan keadaan PPKM level 4. Makin ke sini, para pedagang kesulitan untuk bertahan karena tidak mendapatkan nafkah," kata Teguh yang biasa disapa Bowie, Kamis, 5 Agustus 2021.

Ia mewakili para pedagang yang terus mengeluh karena makin sepi para pelancong ke kawasan Puncak hingga menyebabkan menurunnya pendapatan para pedagang.

"Rata-rata pendapatan para pedagang turun hingga 80 persen dan tidak sedikit akhirnya para pedagang tutup lapak," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa menurunnya aktivitas para wisatawan lantaran karena pembatasan yang diterapkan pemerintah selama pandemi Covid-19. Sehingga, wisatawan enggan juga melancong karena ada ketentuan penyekatan yang menyebabkan berkurangnya pengunjung.

"Istilahnya pembatasan, tetapi wisatawan enggan ke Puncak karena ada penyekatan, antigen, jam operasional, juga pembatasan kapasitas pengunjung," keluhnya.

Harapan para pedagang di Puncak, Bogor agar PPKM level 4 segera berakhir dan keadaan kawasan Puncak kembali ramai dengan para wisatawan, ekonomi membaik. 

Tags : Pedagang Puncak Bogor , Bendera Putih

Berita Terkait