Abdul Wahid: BRIN Harus Tunjukkan Keseriusan untuk Ikut Atasi Pandemi

| Rabu, 25/08/2021 18:59 WIB
Abdul Wahid: BRIN Harus Tunjukkan Keseriusan untuk Ikut Atasi Pandemi Anggota Komisi VII DPR RI FPKB Abdul Wahid (foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII DPR RI Abdul Wahid menilai belum ada keseriusan dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) untuk ikut mengatasi kondisi bangsa saat Pandemi Covid seperti sekarang ini. Hal ini dikatakan Wahid setelah melihat anggaran riset dan inovasi vaksin yang hanya sebesar Rp4 miliar.

"Saya melihat di dalam anggaran riset inovasi vaksin SARS covid ini saja hanya dianggarkan Rp4 miliar. Ini nanti bentuknya apa? Apa sekedar partisipasi saja atau tidak implementatif, dalam arti sekedar penelitian-penelitian saja. Ini menurut saya perlu jadi catatan kita," ujar Wahid saat rapat dengar pendapat Komisi VII DPR RI dengan Kepala BRIN dan LPNK, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (24/8/2021) kemarin.

Selain itu, politisi dari Fraksi PKB ini juga mempertanyakan fungsi BRIN terkait keterlibatannya dalam vaksin merah-putih. Ia berharap BRIN lebih memiliki peran dapat menjadi sumber atau pusat informasi. Dimana, setiap ada kendala atau masalah di negara ini, maka tertuju ke BRIN ini.

Pada RDP tersebut, Anggota Komisi VII DPR RI Moreno juga mengungkapkan hal yang sama. Politisi fraksi Partai Gerindra meminta BRIN dan LPNK melihat urgensi yang saat ini paling dibutukan negara kita di saat Pandemi, yakni di bidang kesehatan. Salah satunya riset terkait vaksin.

"Sehingga jika ada varian Covid yang baru lagi, kita telah siap dan sigap dengan vaksin yang kita temukan sendiri. Jangan sampai negara kita tertinggal jauh, padahal BRIN sudah menggunakan anggaran yang cukup besar. Dengan kata lain, BRIN harus fokus terhadap apa yang sedang dibutuhkan negara ini," papar Moreno. 

Tags : Abdul Wahid , Komisi VII DPR , PKB