DPR Ajak Generasi Milenial Terjun Jadi Petani

| Selasa, 31/08/2021 20:21 WIB
DPR Ajak Generasi Milenial Terjun Jadi Petani Ilustrasi. Lahan Petani (Foto: Kementan)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengatakan, pertanian merupakan fondasi ekonomi nasional, sektor strategis yang harus dijaga.

Menurut Rachmat Gobel, selain menyerap banyak tenaga kerja, pertanian dan para petani merupakan penjaga harkat dan martabat bangsa. Ia pun mengingatkan, agar para pemangku kebijakan mampu membangun ekosistem pertanian sehingga para milenial tertarik untuk menjadi petani.

“(Pertanian) harus ada solusi terintegrasi. Tak bisa sepotong-sepotong. Jadi harus membangun ekosistem pertanian dari hulu hingga hilir, dari soal modal dan inovasi teknologi hingga soal diversifikasi produk hilir pertanian,” 

Oleh itu, Rachmat Gobel mengajak kaum milenial untuk terjun menjadi petani. “Tapi ajak mereka dengan perspektif masa depan sambil menjadikan dunia pertanian menarik untuk ditekuni sebagai profesi yang atraktif,” ujarnya.

Rachmat Gobel menyadari tengah pandemi ini, petani tetap bekerja sehingga kebutuhan pokok terpenuhi. Dengan produktivitas petani negara dapat memenuhi kebutuhan pangannya. Gobel pun mengungkapkan, akibat perubahan iklim dan terus bertambahnya penduduk dunia, masa depan dunia bisa terancam oleh krisis pangan.

“Jadi, Indonesia yang memiliki lahan yang luas dan subur harus menjadi lumbung pangan dunia,” kata Gobel.

 

Tags : Milenial , Petani , DPR

Berita Terkait