Rencana Kenaikan Cukai Tembakau, Gerbang Tani: Korbannya Petani, Harus Ditolak!

| Kamis, 09/09/2021 22:26 WIB
Rencana Kenaikan Cukai Tembakau, Gerbang Tani: Korbannya Petani, Harus Ditolak! Istighosah Koalisi Tembakau (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumenep melalui fraksinya di DPRD siap menginisiasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertembakauan. Hal ini dilakukan sebagai langkah menyerap aspirasi petani tembakau agar sejahtera.

“Kami di DPC PKB Sumenep memerintahkan Fraksi PKB Sumenep untuk menginisiasi Raperda Pertembakauan,” kata Sekretaris DPC PKB Sumenep, Dulsiam saat acara Istighosah Koalisi Tembakau yang digelar DKN Gerbang Tani secara daring, Kamis 9 September 2021.

Anggoa DPRD Sumenep itu menegaskan, PKB akan terus memperjuangkan tembakau menjadi komoditas andalan di Sumenep, “PKB sebagai partai mayoritas di Sumenep, memperjuangkan agar tembakau menjadi komoditas andalan di Kabupaten Sumenep. Kami akan terus mengadvokasi petani tembakau agar berdaya,” katanya.

Bahkan, katanya, PKB akan mengajak fraksi lain di DPRD Sumenep untuk menolak kenaikan cukai rokok, “Saya sebagai Anggota DPRD Kabupaten Sumenep meminta agar semuanya kompak mengajak 6 Fraksi di DPRD Sumenep untuk menolak kenaikan cukai rokok, agar petani tembakau berdaya, hasil pertanian tembakau bernilai tinggi,” ungkapnya.

Dulsiam, mengapresiasi DPN Gerbang Tani yang telah menolak keras kenaikan cukai tembakau. Kenaikan cukai ini, katanya, akan berdampak serius terhadap para petani dan industri rumahan.

“Kami mengapresiasi DPN Gerbang Tani dengan sikap menolak kenaikan cukai rokok,” ungkapnya.

Begitu juga kata Sekretaris Jenderal DKN Garda Bangsa Billy Ariez bahwa cukai rokok akan berdampak terhadap petani dan industri rokok rumahan. “Setiap kali rencana kenaikan rokok digulirkan oleh pemerintah, maka yang menjadi korban adalah petani. Apalagi sekarang ini menjelang panen tembakau. Harga di petani pasti murah,” katanya.

“Bahkan industri rokok rumahan pun kena imbasnya. Bisa-bisa gulung tikar mereka. Ini (kenaikai cukai rokok, harus ditolak,” ungkapnya.

“Gerbang Tani akan mengawal rencana pemerintah untuk menaikan cukai tembakau. Kita berpihak kepada petani tembakau. Semoga dengan diskusi lewat Istighosah Koalisi tembakau, Pemerintah terketuk sehingga membatalkan rencana kenaikan cukai tersebut,” tegasnya.

 

Tags : Istighosah Koalisi Tembakau , Gerbang Tani

Berita Terkait