Mitra Kemendes PDTT Apresiasi Gagasan Gus Halim Soal SDGs Desa

| Jum'at, 10/09/2021 17:17 WIB
Mitra Kemendes PDTT Apresiasi Gagasan Gus Halim Soal SDGs Desa Forum Kemitraan dalam mendukung SDGs Desa (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Kesejahteraan Kemitraan Pemerintah Australia-Indonesia (KOMPAK), Grace Palayukan mengapresiasi gagasan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) yang telah cetuskan SDGs Desa untuk mendukung pembangunan nasional.

"Kita mengapresiasi Kemendes mengeluarkan kebijakan bagaimana pembangunan fokus pada isu-isu yang sangat material apalagi SDGs Desa. Kami langsung fit in. Kami secara program didesain bagaimana memfasilitasi isu-isu terkait layanan dasar jadi SDGs Desa bisa langsung nyambung dengan kami," papar Grace Palayukan dalam Forum Kemitraan dalam Mendukung SDGs Desa di Jakarta, Jumat 10 September 2021. 

Sementaa itu, mitra Kemendesa lain dari Yayasan Afiat Nusantara, Widya Handarani mengatakan, program fokusnya pada 1.000 hari pertama kehidupan. Bersama Kemendesa, Afiat Nusantara telah mampu mengurangi angka kasus ibu meninggal karena melahirkan.

"Kita sudah kerjasama dengan Kemendesa tahun 2019 di Kupang. Kita berhasil menurunkan ibu meninggal karena melahirkan sebesar 71% dan kasus anak meninggal turun 25,7%," ujarnya.

Masing-masing mitra Kemendes dalam mendukung pencapaian SDGs Desa sepert KOMPAK, SurfAid, Yayasan Afiat Nusantara dan Kapal Perempuan memiliki fokus yang saling berkaitan. Mulai dari desa tanpa kemiskinan, pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan desa, desa layak air bersih dan sanitasi, dan tujuan-tujuan SDGs Desa lainnya.

 

Tags : SDGs Desa , Gus Halim , Kemendesa PDTT

Berita Terkait