Pimpinan DPR Apresiasi Dibentuknya BUMDes Bersama Situbondo

| Jum'at, 17/09/2021 18:45 WIB
Pimpinan DPR Apresiasi Dibentuknya BUMDes Bersama Situbondo Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel (foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menerima audiensi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dan BUMDes Situbondo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Rachmat Gobel menyampaikan apresiasinya atas dibentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama Situbondo yang merupakan gabungan dari 60 desa di kabupaten itu.

“Ini yang pertama (BUMDes Bersama) yang saya dengar. Ini saya kira perlu didorong dan diperkuat. Karena apa? Kalau BUMDes-nya berjalan sendiri-sendiri, dia tidak akan begitu kuat. Bandingkan saja dengan 60 desa yang bergabung menjadi satu,” kata Rachmat Gobel.

Menurut Rachmat Gobel, BUMDes Bersama Situbondo memberikan nilai tambah, sehingga layak untuk dijadikan role model bagi BUMDes di daerah lain. “Misalnya dari 60 desa, salah satunya adalah penghasil sayur, desa yang lain menghasilkan apa. Nah, satu desa tersebut kalau bisa memenuhi kebutuhan 60 desa lainnya, itu sudah memberikan keuntungan tersendiri. Hal seperti ini mesti kita dorong,” tutur Gobel.

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangungan ini menyarankan agar pihak BUMDes Bersama Situbondo mulai memetakan potensi yang ada, menghimpun sumber daya manusia (SDM) kemudian mulai merumuskan visi BUMDes yang disesuaikan dengan keragaman yang dimiliki.

"BUMDes Bersama ini menjadi bagian daripada memperkuat NKRI, karena BUMDes bukan hanya sekedar bisnis. Dan akan lebih bagus lagi kalau koperasi desa dimasukkan sebagai pemegang saham. Karena koperasi sahamnya milik rakyat. Dengan begitu, bantuan-bantuan dari pusat akan turun,” tandasnya.

Tags : BUMDes Bersama Situbondo , DPR

Berita Terkait