Menkes Budi Gunadi: 169 Juta Dosis Vaksin Telah Disalurkan ke Daerah

| Senin, 20/09/2021 22:39 WIB
Menkes Budi Gunadi: 169 Juta Dosis Vaksin Telah Disalurkan ke Daerah Vaksin AstraZeneca (foto: kemkes)

RADARBBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, Pemerintah telah menyalurkan sekira 169 juta dosis vaksin covid-19 ke daerah. 

“Sampai sekarang, Kementerian Kesehatan sudah menerima 190 juta dosis vaksin, termasuk yang di weekend kemarin. Sebanyak 169 juta [dosis] sudah didistribusikan ke provinsi, kabupaten, dan kota,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya, Senin 20 September 2021.

Menkes Budi menjelaskan bahwa dari total dosis vaksin yang telah didistribusikan tersebut, sebanyak 125,7 juta dosis sudah disuntikkan kepada masyarakat.

“Kita juga sudah menjangkau 35 persen dari populasi. Sebanyak 75 juta orang sudah kita berikan perlindungan suntik pertama dan sekitar 45 juta orang sudah mendapatkan dua dosis suntikannya,” terangnya.

Menkes Budi mengungkapkan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan cakupan vaksinasi dosis pertama di seluruh ibu kota provinsi di tanah air mencapai 70 persen di bulan Oktober.

Hingga saat ini, lanjut Menkes Budi, baru ada tujuh provinsi dari 34 provinsi yang sudah mencapai suntikan dosis pertama minimal 70 persen. Secara khusus, katanya, Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk mengakselarasi vaksinasi di dua provinsi yang cakupan dosis pertamanya masih di bawah 20 persen, yaitu Sumatra Barat dan Lampung.

“Masih ada dua provinsi, yaitu Sumatra Barat dan Lampung yang akan kita konsentrasi supaya cepat mencapai 20 persen dari target populasi yang disuntikan dosis pertama,” kata Menkes Budi.

Tags : Vaksin , Menkes Budi Gunadi Sadikin

Berita Terkait