Gus Halim: BUMDes dan BUMDesma Mampu Bangkitkan Ekonomi Nasional

| Selasa, 21/09/2021 21:33 WIB
Gus Halim: BUMDes dan BUMDesma Mampu Bangkitkan Ekonomi Nasional Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menyebutkan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Badan Usah Milik Desa Bersama (BUMDesma) mampu membangkitkan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

"Akan kami genjot terus supaya apa yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan produk-produk UMKM atau BUMDes," kata Gus Halim sapaan akrabnya seperti dilansir kemendesa, Selasa 21 September 2021.

Sejak awal, kata Gus Halim,  pihaknya selalu mengingatkan agar kehadiran BUMDes dan BUMDesma tidak mengganggu UMKM setempat, melainkan harus berkolaborasi dengan UMKM yang telah diprakarsai warga desa sebelumnya.

"Hasil dari sinergi UMKM milik warga desa dengan BUMDes dan BUMDesma dapat memenuhi kebutuhan nasional dan akhirnya dapat membangkitkan kembali ekonomi nasional," katanya.

Lebih lanjut, politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengungkapkan, yang menjadi tantangan UMKM maupun BUMDes dan BUMDesma saat ini, diantaranya adalah kualitas produk, packaging, pemasaran dan sustainabilitas atau keberlanjutan produksi. Untuk itu, katanya Kemendes PDTT terus melakukan pendampingan.

"Kita juga carikan off taker, mereka bukan hanya mengambil produk, melainkan juga melakukan pendampingan dari awal proses produksi hingga packaging yang standar internasional," tukasnya.

Tags : BUMDes , BUMDesma , Kemendes PDTT

Berita Terkait