Gandeng UI, Gus Menteri Ingin Kirim Dokter Muda ke Pelosok Desa

| Kamis, 23/09/2021 17:59 WIB
Gandeng UI, Gus Menteri Ingin Kirim Dokter Muda ke Pelosok Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANSA.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menjajaki kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mengirimkan dokter muda ke desa-desa yang minim tenaga kesehatannya. 

"Tentu kita sangat berterimakasih dan ini sangat menggembirakan, kita bayangkan banyak hal yang bisa kita kerja samakan," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat  menerima kunjungan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam ke kantornya, Rabu 22 September 2021 kemarin.

Gus Menteri, sapaan akrabnya, menjelaskan skema kerja sama yang akan dijajaki dengan FKUI tersebut yaitu FKUI menyiapkan dokter-dokternya sedangkan Kemendes PDTT menyiapkan datanya, desa mana saja yang membutuhkan tenaga kesehatan sebagaimana data SDGs Desa.

"Bayangan saya begini 2022 UI menyiapkan sekian dokter, kita punya peta juga kita punya datanya dimana saja, karena APBDES juga disiapkan," katanya.

Berdasarkan penuturan Ari Fahrial, UI rutin menghasilkan kurang lebih 230 dokter muda atau yang disebut dokter internship dalam setiap tahunnya, selama ini mereka diterjunkan ke beberapa Puskesmas untuk mengikuti pendidikan profesi.

"Tentu dengan dokter-dokter muda dan handal dan berkualitas dari FKUI bisa membantu masyarakat kita, dan mudah-mudahan dengan kerja sama ini kedepan banyak membantu dan melakukan banyak hal untuk membantu dan membangun desa," pungkasnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendesa PDTT , Universitas Indonesia

Berita Terkait