Wujudkan Program Perluasan Kesempatan Kerja, Kemnaker Tinjau Kawasan Agromaritim Halteng

| Senin, 27/09/2021 13:31 WIB
Wujudkan Program Perluasan Kesempatan Kerja, Kemnaker Tinjau Kawasan Agromaritim Halteng Staf Khusus Menteri Ida Fauziyah, Caswiyono saat mengunjungi Telok Weda Halteng, Maluku Utara (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang diwakili oleh Staf Khusus Menaker, Caswiyono Rushdie meninjau Kawasan Agromaritim Teluk Weda yang berada di Desa Kulo Jaya, Kecamatan Weda Tengah, Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara, Minggu 26 September 2021.

Dalam kesempatan itu, Caswi mengungkapkan, dalam rangka mewujudkan program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan di tahun 2021, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus bergerak cepat.

"Kawasan Agromaritim Teluk Weda adalah salah satu dari lima lokasi pilot project program pengembangan perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan Kemnaker di tahun 2021, dengan karakteristik beragam," kata Caswi dalam keterangan tertulisnya.

"Perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan tahun 2021 ini sebagai upaya mentransformasikan program perluasan kesempatan kerja, dalam mengembangkan program tenaga kerja mandiri yang efektif untuk memperluas kesempatan kerja secara berkelanjutan," sambungnya.

Caswi menjelaskan, sebagaimana arahan Menaker Ida Fauziyah, terpenting dalam pengembangan kesempatan kerja berbasis kawasan adalah adanya dukungan lintas sektor dan partisipasi stakeholder di Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, Lembaga Keuangan, dan Pihak Swasta. 

"Sesuai arahan Bu Menteri Ida Fauziyah, pengembangan usaha terintegrasi ini juga akan dilakukan, mulai dari hulu hingga ke hilir. Mulai dari produksi, pengolahan hingga pemasaran sehingga dapat memungkinkan terjadinya sustainability (keberlanjutan) usaha untuk membentuk sebuah ekosistem perluasan kerja yang efektif dan berkelanjutan," ujar Caswi.

Caswi menambahkan dalam menjalankan perluasan kesempatan kerja tersebut, Kemnaker menggandeng Institut Pertanian Bogor sebagai pendamping dan industri pengolahan logam nikel atau PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP). 

"Kemnaker ingin masyarakat di seputar kawasan industri Weda tidak hanya menjadi penonton semata. Selain sebagian bekerja di IWIP, Kemnaker pun ingin memastikan masyarakat sekitar IWIP terberdayakan dan lebih sejahtera serta memperoleh nilai tambah dari investasi yang masuk di kawasan Weda," ungkapnya.  

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan