Cegah Covid-19, Komisi IX DPR: Jatim Bisa Jadi Contoh Penerapan 3T

| Senin, 27/09/2021 15:18 WIB
Cegah Covid-19, Komisi IX DPR: Jatim Bisa Jadi Contoh Penerapan 3T Covid Varian Baru (sumber:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IX DPR RI Sri Meliyana menilai Provinsi Jawa Timur bisa menjadi contoh untuk semua provinsi di Indonesia dalam Penerapan 3T (Tracing, Testing dan Treatment) secara preventif untuk menghadang Covid-19.

“Kami harapkan yang telah dilakukan oleh Jawa Timur bisa menjadi contoh untuk semua provinsi di Indonesia, sehingga kita bisa menghadang lewat preventif tracing dan testing,” ujar Sri Meliyana dalam keterangan tertulisnya, Senin 27 September 2021.

Menurut Meli, sapaan akrabnya, keberhasilan Jatim mengendalikan Covid-19 melalui proses tracing dan testing karena tidak semua daerah sukses dalam capaiannya. Bahkan Menteri Kesehatan sendiri mengatakan kendala dalam memutus rantai Covid-19 itu tidak bisa hanya melakukan tracing dan testing secara masif. 

“Jawa Timur bisa melakukan (tracing dan testing) itu, dengan cepat bisa pindah ke (PPKM) level 1 dari level 4, karena mereka membuat suatu komunikasi yang baik antara Pemda, Kemenkes, TNI, Polri dan masyarakat, serta koordinasi kemudian mereka memperbanyak sarana dan prasarana labnya,” ungkap Meli.

Meli mengatakan, Komisi IX DPR RI kerap mendesak Kemenkes untuk melaksanakan tracing dan testing secara masif. Karena dua langkah merupakan salah satu tindakan pencegahan.

“Dan kalau sudah treatment, berarti sudah sakit, sudah masuk ke kuratif, sedangkan kita lebih baik mencegah daripada mengobati, tracing dan testing adalah jalan mencegah,” tandasnya.

Tags : DPR , Komisi IX , Jatim