Bahas Penanganan Kemiskinan Ekstrem, Bupati Mamuju Temui Gus Menteri

| Selasa, 28/09/2021 22:49 WIB
Bahas Penanganan Kemiskinan Ekstrem, Bupati Mamuju Temui Gus Menteri Bupati Mamuju Siti Sutinah Suhardi bertemu Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar di kantornya (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Bupati Mamuju Siti Sutinah Suhardi melakukan audiensi kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Selasa 28 September 2021. Keduanya membahas penangaan kemisikinan di Mamuju Sulbar. 

Pria yang akrab disapa, Mendes PDTT Halim Iskandar menjelaskan tahapan-tahapan yang akan ditawarkan untuk menuntaskan penanganan warga miskin ekstrem. Pertama, pemetaan awal. Kedua, peta warga miskin ekstrem per kabupaten dan yang ketiga adalah penyusunan rencana anggaran dan PIC.

“Nah ini kita siapkan, gampangannya Kemendes PDTT siap untuk tiga langkah ini,” ujar pria yang akrab disapa Gus Menteri ini.

Keempat, kata Gus Menteri, konsolidasi data dan lapangan, "Kelima, rencana aksi. Lalu yang Keenam, Implementasi dan yang ketujuh adalah monitoring keberlanjutan," katanya.

“Rencana aksi ini wilayahnya Bupati. Kenapa Bupati? Karena Bupati yang tahu wilayah dan yang punya wilayah. Sehingga road mapnya Bupati yang kasih gambaran berdasarkan hasil konsolidasi data ini,” sambungnya.

Saat ini, kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, setidaknya ada 35 Kabupaten di 7 provinsi yang menjadi pilot project atau fase pertama penurunan kemiskinan ekstrem yang ditargetkan tuntas pada akhir 2021. Nantinya, akan ada gelombang atau fase kedua untuk kabupaten/kota lain yang dijadikan sebagai tempat untuk mewujudkan kemiskinan ekstrem, sesuai dengan target pemerintah, menuntaskan kemiskinan ekstrem pada 2024.

“Gelombang kedua, Kabupaten Mamuju pasti masuk. Nah ini usulan saya ke Pak Wapres, kalau mau betul-betul mewujudkan 0 persen ya ini tahapannya,” katanya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT

Berita Terkait