Industri Halal Sektor Utama Pulihkan Ekonomi Global Pascapandemi

| Kamis, 30/09/2021 18:58 WIB
Industri Halal Sektor Utama Pulihkan Ekonomi Global Pascapandemi KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Industri Halal menjadi sektor paling utama yang menjadi penopang dalam upaya pemulihan perekonomian global pascapandemi COVID-19. Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin Konferensi Ekspor Nasional 2021.

"Saya menilai sektor industri halal, sektor kesehatan, sektor makanan dan minuman, serta sektor konstruksi dan pertanian akan menjadi penopang utama pemulihan ekonomi global ke depan,"  ujar Kiai Maruf dilansir dari antaranews.com, Kamis, 30 September 2021.

Dipaparkannya, upaya pemulihan ekonomi di tingkat nasional harus diperkuat dengan penyediaan lapangan pekerjaan di mana saat ini sebagian besar ada di sektor UMKM. Untuk itu, Wapres mendorong agar seluruh pemangku kepentingan dan pelaku UMKM di Indonesia memiliki orientasi ekspor untuk dapat bermain di pasar global dengan potensi industri halal tersebut.

"Pemulihan ekonomi harus disokong melalui penyediaan lapangan kerja. Lapangan kerja yang saat ini 97 persen ditopang oleh sektor UMKM, harus mampu dikembangkan menjadi sektor UMKM berorientasi ekspor," kata Kiai Ma`ruf.

UMKM, lanjutnya, juga menjadi sektor paling berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga dalam kondisi krisis pandemi COVID-19, UMKM menjadi sektor paling terdampak di perekonomian.

"Akan tetapi, kita belajar bahwa krisis pasti membuka peluang baru dan memunculkan ide-ide bisnis yang kreatif dan inovatif," tuturnya. 

Tags : Wapres , Maruf Amin , Industri Halal , Ekonomi Nasional