Percepat Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Pemerintah Tambah 2 Program Bantuan

| Kamis, 07/10/2021 15:45 WIB
Percepat Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Pemerintah Tambah 2 Program Bantuan KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus berupaya menekan angka kemiskinan ekstrem di seluruh Indonesia. Beragam program bantuan digulirkan untuk mengatasi kemiskinan ekstrem. 

Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengatakan daerah prioritas penyelesaian kemiskinan ekstrem mendapat dua tambahan bantuan berupa program bantuan sosial, yakni Program Sembako dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, untuk mencapai angka kemiskinan ekstrem nol persen di akhir 2021.

"Untuk program khusus di sisa tahun 2021 ini, kita akan menggunakan program yang ada, yaitu Program Sembako dan BLT Desa untuk memberikan tambahan bantuan bagi kelompok miskin ekstrem di lima kabupaten prioritas ini," kata Kiai Maruf dikutip dari antaranews.com, Kamis, 7 Oktober 2021.

Adapun tambahan bantuan tersebut diberikan kepada 35 kabupaten prioritas yang berada di tujuh provinsi, sehingga masing-masing provinsi terdapat lima kabupaten. Tujuh provinsi yang menjadi daerah prioritas penyelesaian kemiskinan ekstrem hingga akhir 2021 ialah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat.

Wapres mengatakan, untuk penyelesaian kemiskinan ekstrem di 2021, Pemerintah mengutamakan melalui pemberian tambahan bantuan sosial kepada daerah prioritas. Sementara program pemberdayaan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dimulai pada awal 2022.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Kemiskinan Ekstrem , Indonesia