Mitigasi Perubahan Iklim, Pemerintah Gencarkan Rehabilitasi Hutan Mangrove

| Jum'at, 08/10/2021 23:15 WIB
Mitigasi Perubahan Iklim, Pemerintah Gencarkan Rehabilitasi Hutan Mangrove Presiden Jokowi saat mengunjungi kawasan hutan mangrove di Bali (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan terus merehabilitasi hutan mangrove sebagai bentuk mitigasi perubahan iklim di kawasan pesisir pantai. 

“Ini akan terus kita lakukan di kawasan-kawasan pesisir untuk memulihkan, untuk melestarikan kawasan hutan mangrove kita dan juga untuk mengantisipasi dan memitigasi dari perubahan iklim dunia yang terus dan akan terjadi,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya saat meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Bali, pada Jumat, 8 Oktober 2021.

Menurut Presiden Jokowi, hutan mangrove di Provinsi Bali yang dibangun sejak tahun 2003 merupakan tempat percontohan rehabilitasi ekosistem hutan mangrove.

“Melalui penanaman mangrove ini kita harapkan bisa mengurangi energi gelombang, bisa melindungi pantai dari abrasi, juga bisa menghambat intrusi air,” tambahnya.

Selain itu, Presiden Jokowi berharap rehabilitasi mangrove dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui produksi hasil laut, “Kita harapkan ada peningkatan dari baik produksi ikan maupun hasil laut lainnya, utamanya kepiting yang cocok untuk mangrove ini dan yang paling akhir adalah bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” harapnya.

 

Tags : Hutan mangrove , Perubahan Iklim

Berita Terkait