Tingkatkan Kompetensi SDM, DPR Dorong BLKPP Palu Rangkul Industri Pertambangan

| Rabu, 13/10/2021 16:45 WIB
Tingkatkan Kompetensi SDM, DPR Dorong BLKPP Palu Rangkul Industri Pertambangan Ilustrasi Pengolahan Industri Pertambangan (Doc: M Bisnis)

RADARBANGSA.COM - Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangkas menyerap aspirasi ke Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi IX DPR Nurhadi mendorong Balai Latihan Kerja dan Peningkatan Produktivitas (BLKPP) Palu melakukan sinergitas kerja sama dengan perusahan industri pertambangan di Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk membentuk program pelatihan kerja.

"Dekati perusahaan-perusahaan tambang itu, lakukan sinergitas kerja sama dengan membentuk program-program pelatihan kerja," Nurhadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu 13 Oktober 2021.

"Saya yakin banyak potensi sumber daya manusia berkualitas apabila benar-benar dicetak dengan skema yang baik di Sulteng," sambungnya.

Nurhadi menekankan pada Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulteng agar jangan hanya menggantungkan pembiayaan program-program terutamanya pelatihan kerja bersumber pada APBD atau APBN.

"Ada 16 paket program pelatihan yang bersumber dari APBD dan 16 paket program pelatihan dari APBN itu masih kecil sekali dibandingkan jumlah angkatan kerja di Sulteng yang membutuhkan pelatihan kerja," katanya.

"Buat terobosan baru merangkul industri pertambangan mengadakan pelatihan dengan dana CSR (Corporate Social Responsibilities).Pelatihan kerja saat ini seperti perbengkelan, salon, komputer misalnya, memang betul bisa membuat mereka mandiri, tapi ini butuh modal jika mereka ingin buka bengkel misalnya," tandasnya.

Tags : BLKPP Palu , DPR , SDM

Berita Terkait