Tingkatkan Kompetensi, Menteri Ida Minta Transformasi BLK Optimalkan

| Rabu, 13/10/2021 22:36 WIB
Tingkatkan Kompetensi, Menteri Ida Minta Transformasi BLK Optimalkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mendorong Balai Latihan Kerja (BLK) terus mengoptimalkan program transformasi BLK sebagai salah satu lompatan besar untuk meningkatkan kompetensi dan menekan angka kemiskinan di daerah.

"Kemnaker menjadikan agenda 6R sebagai perhatian utamanya dalam mensukseskan program transformasi BLK," kata Menaker Ida dalam keterangan tertulisnya, Rabu 13 Oktober 2021.

6R yang dimaksud yaitu reformasi kelembagaan, redesain substansi pelatihan, revolusi SDM, revitalisasi fasilitas dan sarana prasarana, rebranding BLK, dan relationship.

Menaker Ida mengatakan, saat ini pemerintah  terus memantapkan skema program penanggulangan kemiskinan ekstrem yang akan diimplementasikan pada 7 Provinsi yang diprioritaskan, di mana salah satunya adalah Provinsi Maluku, "Tadi saya beserta beberapa jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju baru saja mendampingi Wakil Presiden RI, KH. Ma`ruf Amin, mengikuti rapat penanggulangan kemiskinan ekstrem di Kantor Gubernur," katanya.

Di dalam rapat tersebut, lanjut Menaker Ida, Kemnaker memiliki mandat untuk menekan angka kemiskinan melalui masifikasi peningkatan pelatihan kerja, serta pelatihan kewirausahaan mandiri.

Menaker Ida menyebut, sebelumnya, Kemnaker telah menggandeng Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, guna melakukan Sinergi Program Penumbuhan dan Pengembangan Kewirausahaan dalam rangka Pengurangan Pengangguran dan Peningkatan Perekonomian Berbasis Desa.

Tags : menaker ida , BLK , Kemnaker