Wapres KH Ma`ruf Amin Resmikan Pembangunan BLK di Papua dan Papua Barat

| Minggu, 17/10/2021 16:04 WIB
Wapres KH Ma`ruf Amin Resmikan Pembangunan BLK di Papua dan Papua Barat Didampingi Menkopolhukam Mahfud MD dan Menaker Ida Fauziyah, Wapres Maruf Amin meresmikan pembangunan BLK di Papua dan Papua Barat (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Papua dan Papua Barat. Secara simbolis, peresmian dilakukan di di Yayasan Global Mission International Indonesia (GMII), Sentani, Jayapura, Sabtu 16 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, KH Ma`ruf Amin mengatakan, Papua yang terletak di ujung timur wilayah Indonesia serta memiliki wilayah terluas di Indonesia, menyimpan potensi sumber daya alam (SDA) yang bernilai ekonomis dan strategis.

"Memperhatikan potensi yang dimiliki Papua, Kementerian Ketenagakerjaan mengambil peran dalam peningkatan kompetensi SDM melalui program pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas," kata KH Ma`ruf Amin.

Sejak tahun 2017 s.d. 2020, lanjut Kiai Ma’ruf, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mengalokasikan pembangunan BLK Komunitas sebanyak 12 lembaga di Papua dan Papua Barat, yang tersebar di Papua sebanyak 7 lembaga dan Papua Barat sebanyak 5 lembaga.

“Pada tahun 2021, Kemnaker mengalokasikan program dan anggaran pembangunan BLK Komunitas sebanyak 21 lembaga penerima bantuan pembangunan BLK Komunitas. Terdiri dari 12 lembaga di Papua dan 9 lembaga di Papua Barat,” ungkapnya.

Kiai Ma’ruf menyampaikan, BLK Komunitas sebagai upaya mendekatkan akses peningkatan kompetensi SDM di Papua dan Papua Barat tidak akan berjalan maksimal jika tidak didukung dengan kerja sama dan sinergi kerja dari Pemerintah Daerah, dunia usaha dan dunia industri, serta komunitas yang ada di masyarakat.

"Ini menjadi tugas besar bagi kita semua untuk menyiapkan manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang baik, serta menyiapkan SDM kompeten dan hebat dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada," tutupnya.

Turut hadir mendampingi Wakil Presiden, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) Prof Mahfud MD dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah serta pejabat daerah setempat.

Tags : BLK Komunitas

Berita Terkait