Dukung Pertumbuhan Ekonomi ASEAN, Jokowi: Pandemi Jadi Momentum Reformasi Struktural

| Senin, 25/10/2021 20:52 WIB
Dukung Pertumbuhan Ekonomi ASEAN, Jokowi: Pandemi Jadi Momentum Reformasi Struktural Jokowi Putuskan PPKM Darurat, Istana Merdeka, 1 Juli 2021 (doc:SekertariatPresiden)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, pandemi menjadi momentum untuk melakukan reformasi struktural guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di ASEAN. 

“Dalam menghadapi pandemi sekarang ini, kita tidak hanya ingin pulih kembali, tetapi kita ingin mencuri kesempatan dalam pandemi untuk melakukan reformasi struktural untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di kawasan ASEAN," kata Presiden Jokowi saat memberikan pidato kunci pada pertemuan ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) secara virtual, Senin 25 Oktober 2021.

Di Indonesia, kata Presiden Jokowi, pandemi tidak menyurutkan langkah untuk melakukan reformasi struktura, antara lain dengan menerbitkan UU Cipta Kerja untuk memperbaiki iklim investi dan merevisi UU perpajakan. 

"Saya berharap demikian juga halnya untuk Asia Tenggara. Sebagai kesatuan masyarakat ekonomi, ASEAN harus mengambil pelajaran dari krisis dan melakukan perbaikan diri secara fundamental di tingkat kawasan," kata Presiden. 

Presiden juga menyampaikan bahwa penanganan kesehatan tetap harus jadi priorittas utama dan protokol kesehatan harus terus dijalankan secara ketat. Target vaksinasi 70% harus segera tercapai.

"Pemulihan ekonomi ASEAN harus dipercepat dengan reaktivasi perejalanan yang aman, termasuk pariwisata," katanya.

“Indonesia mendukung ASEAN menjadi sebuah digitally connected community. Pemerintah Indonesia juga telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital tahun 2021-2024 sebagai panduan strategis perjalanan transformasi digital Indonesia," sambungnya.

 

Tags : ASEAN , Pandemi