Data SDGs Desa Capai 60%, Gus Menteri Optimis Target Penurunan Kemiskinan Ekstrem Tercapai

| Rabu, 27/10/2021 16:28 WIB
Data SDGs Desa Capai 60%, Gus Menteri Optimis Target Penurunan Kemiskinan Ekstrem Tercapai Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menyatakan data berbasis SDGs Desa dari seluruh Indonesia telah terkumpul hingga 60%.

“Alhamdulillah pendataan ini mencapai 60% kita yakin desa-desa kita memiliki potensi yang luar biasa,” kata Gus Menteri sapaan akrabnya, melalui keterangan tertulisnya, Rabu 27 Oktober 2021.

Menurut Gus Menteri, data-data desa tersebut akan digunakan sebagai landasan pengentasan kemiskinan ekstrim hingga 0% di tahun 2024.

“Kami optimistis dengan potensi itu target penanggulangan kemiskinan esktrim di 2024 akan tercapai,” tambah Gus Menteri.

Politisi PKB itu, menjelaskan penuntasan kemiskinan ekstrim membutuhkan peta jalan (road map) yang jelas dan didasarkan pada data-data mikro yang mengambarkan profile dari warga miskin esktrim.

“Kita akan memberikan peta penyerangan. Jadi kemiskinan ekstrem harus kita serang bersama-sama. Kita tidak bisa menyerang dengan tepat kalau tidak punya peta yang bagus,”

Oleh karena itu, lanjut Gus Menteri, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sejak tahun 2021 melakukan pemutakhiran data berbasis SDGs desa.

Tags : SDGs Desa , Kemiskinan Esktrem

Berita Terkait