Luqman Hakim Desak Pemerintah Investigasi Dugaan Kecurangan Seleksi CASN

| Kamis, 28/10/2021 15:59 WIB
Luqman Hakim Desak Pemerintah Investigasi Dugaan Kecurangan Seleksi CASN Sekretaris Gerakan Sosial dan Kebencanaan DPP PKB, Luqman Hakim (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim mendesak pemerintah melakukan investigasi dan audit forensik digital atas sistem IT seleksi calon aparatur sipil negara (CASN).

"Ini penting untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem dan mekanisme tes seleksi CASN," kata Luqman Hakim di Jakarta, Kamis 28 Oktober 2021.

Selain itu, Luqman juga meminta pihak-pihak yang terlibat dalam kecurangan seleksi ASN dijatuhi hukuman berat, "Saya minta agar mereka dijatuhi hukuman yang berat. Baik hukuman disiplin pegawai maupun pidana. Praktik kecurangan ini bukan hanya mencoreng integritas BKN dan KemenPAN-RB, tapi juga ancaman serius bagi keamanan nasional," tandasnya.

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) itu menyampaikan bahwa desakan itu menyusul temuan dugaan kecurangan seleksi CASN di Buol, Sulawesi Tengah dengan modus remote access. Dugaan ini jadi sorotan publik dan Komisi II DPR RI.

Sementara itu, dilansir website dpr, Anggota Komisi II DPR Saan Mustopa juga menyerukan yang sama, agar kasus di Buol diinvestigasi mendalam sekaligus mengaudit CASN di semua daerah.

"Mungkin ini yang baru ketahuan. Mungkin ada juga yang lain. Jadi walaupun kita berpikir positif bahwa yang selama ini kita anggap ruang kecurangan dengan model seleksi hari ini tertutup, ternyata masih bisa juga ada kecurangan," ungkapnya.

Tags : CASN , Luqman Hakim

Berita Terkait