Presidensi G20, Indonesia Berpotensi Ciptakan PDB USD533 juta

| Kamis, 11/11/2021 22:35 WIB
Presidensi G20, Indonesia Berpotensi Ciptakan PDB USD533 juta Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan Republik Indonesia) (foto:Kemenkeu)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa penyelenggaraan forum G20 tahun 2022 mendatang di Indonesia berpotensi menciptakan USD533 juta terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

“Kami mengharapkan dampak penyelenggaraan G20 di banyak kota oleh banyak Kementerian serta organisasi, juga akan meningkatkan konsumsi domestik sebesar USD190,2 juta dan juga menciptakan USD533 juta pada PDB”, ujar Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan tertulisnya, Kamis 11 November 2021.

Selain itu, kata Menkeu Sri Mulyani, implikasi positif lainnya dari penyelenggaraan pertemuan G20 di Indonesia adalah terciptanya lapangan pekerjaan.

“Kami akan mengadakan sekitar 150 pertemuan dan acara sampingan yang akan berlangsung di berbagai kota di Indonesia. Jadi kami berharap 33.000 pekerjaan akan tercipta dari berbagai sektor dari kegiatan ini saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Menkeu Sri Mulyani menyatakan bahwa dengan memegang Keketuaan G20 maka hal ini dapat menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan kinerja perekonomian Indonesia yang membaik setelah melalui pandemi Covid-19, dan reformasi struktur yang telah dilakukan.

“Dengan disahkannya Undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, lalu kita juga sudah meloloskan reformasi perpajakan, dan saat ini kita juga sedang membahas hubungan fiskal antara pemerintah pusat dan daerah yang akan membuat koordinasi lebih baik," lanjutnya.

Tags : Presidensi G20 , kemenkeu

Berita Terkait