Tingkatkan Kompetensi SDM, Menaker Ida Dukung Pembangunan BLK Morowali

| Sabtu, 13/11/2021 14:37 WIB
Tingkatkan Kompetensi SDM, Menaker Ida Dukung Pembangunan BLK Morowali Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM -  Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menerima audiensi Bupati Morowali, Taslim, di Kantor Kemnaker, Jakarta, Jumat, 12 November 2021 kemarin.

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziyah, sangat mendukung usulan pendirian Balai Latihan Kerja Unit Pelaksana Teknis Pusat (BLK UPTP) milik Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

"Saya sangat mendukung rencana pembangunan BLK di Morowali ini karena mampu mempercepat peningkatan kompetensi para pekerja dan pencari kerja. Apalagi Pak Bupati tadi mengatakan sudah memiliki pemetaan kebutuhan tenaga kerja dan peningkatan kompetensinya," ujar Menaker Ida.

Menaker Ida menyakini, dengan adanya BLK Morowali mampu menyiapkan tenaga kerja lokal yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi di daerah dapat dipercepat. Selain guna menjawab era persaingan global dan perkembangan dunia usaha di Morowali, pendirian BLK UPTP Morowali, juga akan menjawab beberapa tantangan di tiga kabupaten yatu Morowali, Morowali Utara, dan Konawe Utara. 

"Tiga kabupaten ini memiliki persoalan sama yakni sebagai kawasan industri memiliki kendala dalam menyiapkan tenaga kerja lokal," katanya.

Ida Fauziyah menambahkan, secara geografis, Kabupaten Morowali sangat strategis karena terletak di antara Kabupaten Konawe Utara dan Morowali Utara. Sementara dari sisi kebutuhan tenaga kerja, masyarakat atau tenaga kerja nantinya dapat diserap seperti industri nikel dan industri lain yang ada di daerah setempat. 

Sedangkan Bupati Taslim menyambut positif atas dukungan Menaker untuk menempatkan BLK UPTP di Morowali. Ia menilai saat ini Morowali banyak dimasuki investor sehingga banyak kawasan terbangun di Morowali dan banyak dibutuhkan tenaga kerja lokal terlatih (skilled). 

Taslim menegaskan mengatakan tantangan yang dihadapinya di wilayahnya yakni kesulitan menyiapkan tenaga kerja memiliki skill sehingga dapat menyiapkan tenaga skilled untuk mendukung terbangunnya industri di Morowali.

"Karena itu, kami harap agar BLK Kemnaker bisa didirikan dan dioperasikan di Morowali," ujarnya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah