Nihayatul Wafiroh: Patuh Prokes Berarti Jalankan Nilai Pancasila

| Sabtu, 10/04/2021 09:08 WIB
Nihayatul Wafiroh: Patuh Prokes Berarti Jalankan Nilai Pancasila Anggota MPR RI Fraksi PKB, Nihayatul Wafiroh menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di kantor PCNU Banyuwangi (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota MPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nihayatul Wafiroh mengingatkan masyarakat tidak abai terhadap protokol kesehatan selama pandemi masih berlangsung. Mematuhi Prokes pada masa pandemi, sama saja memaknai dan mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Jangan pernah mengabaikan protokol kesehatan bapak ibu. Dengan patuh prokes kita telah menjalankan secara konkret nilai Pancasila," kata perempuan yang akrab disapa Ninik saat menghadiri Sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama masyarakat di kantor PCNU Banyuwangi, Minggu, 9 April 2021.

Ketua Bidang Kesehatan dan Penguatan Inklusi Disabilitas DPP PKB ini menjelaskan, sudah saatnya semua komponan bangsa perlu menarik garis tegas implementasi Pancasila melalui nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Ninik menyatakan, masyarakat harus paham nilai mana yang perlu diimplementasikan dan nilai apa yang bertentangan dengan Pancasila, terutama yang terkait dengan pandemi.

“Teori-teori yang selama ini sudah khatam menjadi pegangan masyarakat, sudah saatnya diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Teori tanpa praktik tak akan berarti apa-apa,” kata Ninik.

Berkaca pada negara-negara maju, kata Ninik, mereka menjalankan nilai-nilai yang mereka pegang dari teori yang ada, setelah itu menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam hal sederhana, lanjut Ninik, sebenarnya masyarakat bisa melatih mengimplementasikan Pancasila pada masa pandemi ini. Ketidakpatuhan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan, berdampak negatif pada kepentingan bersama dan mengurangi kepedulian terhadap sesama.

“Ketika perilaku masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan belum maksimal. Masih banyak masyarakat yang tetap berkerumun, tidak menggunakan masker, bahkan mengadakan acara ketika terjadi pandemi,” tutup Ninik.

Tags : PKB , Nihayatul Wafiroh , Prokes