Kemnaker Mulai Sosialisasikan Aplikasi SAKTI ke Pegawainya

| Senin, 22/11/2021 22:42 WIB
Kemnaker Mulai Sosialisasikan Aplikasi SAKTI ke Pegawainya Sekjend Kemnaker Anwar Sanusi (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mulai menyosialisasikan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) ke pegawai di lingkungan Kemnaker di ruang Tridharma, Kemnaker, Jakarta, Senin (22/11/2021).

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi berharap,  melalui sistem SAKTI tersebut seluruh pegawai di lingkungan Kemnaker melakukan perubahan mindset dalam melakukan pencatatan transaksi secara reguler dengan penginputan pada periode terjadinya transaksi. 

"Setiap pengawas perlu bukti, karena itu kami sangat berharap dan tekankan, setiap apa yang kita lakukan itu catat! Prinsipnya, do what you write, write what you do, kerjakan apa yang kamu tulis, tulis apa yang kamu kerjakan," ujar Anwar Sanusi.

Dengan sistem SAKTI ini, lanjut Anwar, Kemnaker akan lebih cepat untuk melakukan diagnosa awal apabila ada hal-hal tidak sesuai, "Selain pencatatan transaksi, ada tiga hal lain yang perlu disiapkan agar dapat memastikan bahwa Kemnaker ini betul-betul tingkat ridiculous sudah sangat tinggi untuk dapat mengaplikasikan SAKTI ini pada unit kerja," ujarnya.

Pertama, jelas Anwar, infrastruktur sarana dan prasarana, persiapan PC dan laptop yang sesuai dengan spesifikasi, dan kebutuhan jaringan internet yang lancar. Kedua, Sumber Daya Manusia (SDM), yakni penunjukan SDM yang memiliki kompetensi, serta memperhatikan kebijakan rotasi pegawai pada periode kritis. Terakhir, peningkatan kompetensi SDM secara berkelanjutan.

Tags : Aplikasi SAKTI , Kemnaker

Berita Terkait