Satgas COVID-19 Tegaskan Vaksinasi Tetap berjalan Sesuai Prioritas

| Rabu, 24/11/2021 20:10 WIB
Satgas COVID-19 Tegaskan Vaksinasi Tetap berjalan Sesuai Prioritas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid19 Prof Wiku Adisasmito (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa vaksinasi yang dilakukan di Indonesia tetap sesuai urutan prioritas yakni suntikan pertama dan kedua sebagai dosis lengkap bagi masyarakat sasaran.

"Vaksinasi dijalankan sesuai dengan urutan prioritas, dosis pertama, dosis kedua dan kelompok rentan, termasuk lansia dan anak-anak di bawah umur 12 tahun," kata Wiku seperti dilansir dari antaranews.com, Rabu, 24 November 2021.

Pernyataan yang disampaikan Wiku tersebut menanggapi hasil penelitian epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman yang menyebut vaksinasi lengkap dua dosis suntikan saat ini sudah tidak relevan menangkal penularan COVID-19.

Wiku menerangkan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri serta didukung peneliti dari perguruan tinggi di Indonesia masih melakukan penelitian terhadap tingkat kekebalan komunitas berdasarkan perlindungan vaksin maupun imun tubuh alami. Penelitian tersebut ditargetkan rampung paling lambat pekan ke empat Desember 2021.

"Saat ini survei antibodi SARS-CoV-2 masih terus bergulir dijalankan di 34 provinsi di Indonesia yang mencakup sekitar 1.000 desa dan wilayah aglomerasi," tuturnya.

Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan informasi seberapa besar kekebalan komunitas yang telah terbentuk di Indonesia karena pengaruh infeksi alamiah dan vaksinasi. "Hasil tersebut dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan yang berbasis data," ujarnya.

Tags : Satgas , COVID-19 , Vaksinasi , Indonesia