Dukung KTT G-20, Kemenhub Pastikan Kelancaran Konektivitas dan Aksesibilitas Transportasi

| Kamis, 25/11/2021 23:23 WIB
Dukung KTT G-20, Kemenhub Pastikan Kelancaran Konektivitas dan Aksesibilitas Transportasi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (foto: kemenhub)

RADARBANGSA.COM - Beberapa waktu lalu, di Roma, Italia, Indonesia terpilih menjadi Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20hingga November 2022 mendatang. 

Untuk mensukseskan keketuaan G20 tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap mendukung kelancaran konektivitas dan aksesibilitas transportasi pada penyelenggaraan KTT tersebut yang akan berlangsung pada tahun 2022 mendatang di Bali.

"Sejumlah langkah yang tengah disiapkan di Bali diantaranya yaitu menyiapkan Bandara Internasional Ngurah Rai, pengadaan bus listrik dan stasiun pengisian daya (charging station), pengadaan Halte Trans Metro Dewata, dan manajemen rekayasa lalu lintas di Bali," kata Menhub Budi Karya Sumadi di Bali, Kamis 25 November 2021.

Mengenai kesiapan bandara untuk kedatangan para delegasi, Menhub Budi Karya mengatakan Bandara I Gusti Ngurah Rai telah memiliki kapasitas yang memadai.

"Namun demikian, Kemenhub tetap melakukan upaya antisipasi dengan menyiapkan bandara alternatif untuk tempat parkir pesawat para delegasi, yaitu bandara internasional yang ada di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Lombok, dan Makassar," katanya.

Di sektor darat, lanjut Menhub Budi Karya, Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk mempersiapkan manajemen rekayasa lalu lintas, misalnya pemberlakuan ganjil genap dan pembatasan operasional angkutan barang di 10 ruas jalan dari bandara menuju lokasi acara, serta pemberlakuan satu arah (one way) di beberapa ruas jalan di Bali.

"Disiapkan juga bus listrik melalui skema Buy The Service (BTS) dan shuttle bus dari bandara ke lokasi acara di Nusa Dua, Bali," tukasnya.

Tags : KTT G20 ,

Berita Terkait