Presidensi G20, Momen Indonesia Atasi Tantangan dan Isu Dunia

| Jum'at, 10/12/2021 22:54 WIB
Presidensi G20, Momen Indonesia Atasi Tantangan dan Isu Dunia Logo Presidensi G20 Indonesia. (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Keketuaan atau Presidensi G20 Indonesia akan menjadi ajang Indonesia untuk menunjukkan perannya dalam memimpin forum global untuk mengatasi berbagai tantangan dan isu di tingkat dunia.

"Indonesia bertekad untuk mengatasi tantangan global yang masih akan muncul dan mencari solusi terbaik, memastikan bahwa semua negara dapat pulih bersama serta mendorong reformasi kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif pasca pandemi," kata Menkeu Sri Mulyani dalam keterangan tertulisnya, Jumat 10 Desember 2021.

Menkeu Sri Mulyani menjelaskan bahwa agenda utama Presidensi G20 Indonesia sebagaimana arahan Presiden RI berfokus pada 3 bidang yaitu kesehatan yang inklusif, transformasi digital, dan transisi energi.

"Selain mewujudkan vaksinasi yang merata, Presidensi G20 Indonesia diharapkan sukses dalam mempercepat digitalisasi dan mengarahkan koordinasi kebijakan global terkait pembiayaan perubahan iklim," jelasnya.

Menkeu Sri Mulyani menyampaikan bahwa Presidensi G20 Indonesia di jalur keuangan (finance track) secara resmi dimulai pada Kamis (09/12) dengan diawali pertemuan Finance and Central Bank Deputies Meeting (FCBD) pertama yang berlangsung pada 9-10 Desember 2021.

"Kemenkeu dan Bank Indonesia akan mendorong pembahasan enam agenda prioritas dalam jalur keuangan, yaitu koordinasi exit strategy untuk mendukung pemulihan global, upaya penanganan dampak pandemi (scaring effects) dalam perekonomian guna mendukung pertumbuhan yang lebih kuat di masa depan, penguatan sistem pembayaran di era digital, pengembangan pembiayaan berkelanjutan (sustainable finance), peningkatan sistem keuangan yang inklusif, serta agenda perpajakan internasional," katanya.

"Agenda prioritas dan legacy issue Presidensi G20 Indonesia diharapkan dapat menyeimbangkan agenda global dengan prioritas dan kepentingan domestik, serta menyelaraskan kepentingan berbagai pihak, baik negara maju maupun negara berkembang," tambahnya.

Tags : Presidensi G20 , Kelompok Kerja Kesehatan G20

Berita Terkait