Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Prioritas Presidensi G20 Indonesia pada Menlu AS

| Selasa, 14/12/2021 15:55 WIB
Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Prioritas Presidensi G20 Indonesia pada Menlu AS Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan bilateral Menlu Amerika Serikat di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/12). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan bilateral Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Anthony J. Blinken pada Senin, 13 Desember 2021, di Istana Merdeka, Jakarta.

Pada kesempatan itu, Jokowi memaparkan sejumlah agenda prioritas Presidensi G20 Indonesia. Tak hanya itu, Indonesia juga mengharapkan Amerika Serikat dapat menjadi mitra di berbagai bidang seperti ekonomi, investasi hingga kesehatan.

“Indonesia mengharapkan Amerika Serikat dapat menjadi salah satu mitra di bidang ekonomi. Pada saat Presiden bicara mengenai hubungan bilateral, termasuk di bidang investasi, dan Indonesia juga mengharapkan dapat menjadi bagian dari rantai pasok global untuk bidang kesehatan,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Disampaikannya, pertemuan Presiden Jokowi dengan Menlu AS berlangsung hangat dan terbuka. Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas berbagai dukungan yang telah diberikan pemerintah AS kepada Indonesia selama pandemi COVID-19.

“Diskusi berjalan dengan sangat hangat dan terbuka dan tampak sekali komitmen Amerika Serikat untuk memperkuat kemitraannya dengan Indonesia termasuk di bidang ekonomi. Secretary Blinken juga menyampaikan komitmen untuk bermitra dengan Indonesia dalam bidang investasi infrastruktur,” ungkap Retno.

Tak hanya di bidang ekonomi dan investasi infrastruktur, Retno menambahkan bahwa Amerika Serikat juga menyambut baik keinginan Indonesia untuk berpartisipasi dalam rantai pasok bidang kesehatan. “Amerika Serikat juga menyambut baik keinginan Indonesia untuk berpartisipasi dalam supply chain bidang kesehatan. Secretary Blinken juga menyampaikan dukungan terhadap keketuaan G20 Indonesia,” tuturnya.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut yaitu Menlu Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Tags : Jokowi , Menlu , Indonesia , Amerika Serikat , Presidensi G20