Cegah Omnicrom Menyebar di Indonesia, Wapres Maruf Amin Minta Pemda Waspada

| Kamis, 16/12/2021 15:56 WIB
Cegah Omnicrom Menyebar di Indonesia, Wapres Maruf Amin Minta Pemda Waspada KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meminta seluruh pemerintah daerah (Pemda) untuk melakukan persiapan dengan meningkatkan kewaspadaan terkait masuknya varian baru SARS-CoV-2 jenis B.1.1.529 atau Omicron. Ia mengingatkan Indonesia dapat mencegah penyebaran Omicron seperti negara lain di Eropa.

"Kita harus waspada ya, sejak awal kita sudah wanti-wanti bahwa kita jangan sampai seperti negara-negara lain, Eropa, bahkan juga India, juga Singapura; semuanya itu kami tutup, jangan sampai masuk ke sini (Indonesia). Nah, ini berarti ada," ujar Kiai Maruf seperti dilansir dari antaranews.com, Kamis, 16 Desember 2021.

Untuk itu, Kiai Maruf mengingatkan kepada seluruh jajaran pemda agar segera melakukan langkah antisipatif supaya varian tersebut tidak menyebar ke masyarakat di seluruh daerah. Wapres juga meminta percepatan vaksinasi kepada seluruh masyarakat di daerah jelang akhir tahun ini.

"Semua pemda harus melakukan penyiapan untuk pencegahannya. Jangan sampai masuk ke daerah-daerah, antisipasi. Kita tidak ingin seperti (penularan varian) Delta lagi, vaksinasi terus disegerakan, dipercepat untuk masyarakat," tegasnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Omicron , Vaksinasi , Indonesia , Pemda