Pemerintah Waspadai Dampak Varian Omicron Terhadap Pemulihan Ekonomi

| Kamis, 16/12/2021 22:55 WIB
Pemerintah Waspadai Dampak Varian Omicron Terhadap Pemulihan Ekonomi Covid Varian Baru (sumber:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melaporkan bahwa Covid-19 varian Omicron sudah masuk ke Indonesia  yang terdeteksi pada seorang  tenaga kebersihan berinsial N di Wisma Atlet, Jakarta, Rabu 15 Desember 2021 kemarin.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah saat ini terus mewaspadai varian baru Omicron terhadap dampak pemulihan ekonomi Indonesia.

“Kami juga melihat sekarang varian baru Omicron yang masih terus menjadi variant of interest yang kami juga masih belum tahu bagaimana ini akan mempengaruhi, apakah itu akan menjadi serius dan merusak seperti varian Delta atau lebih ringan daripada varian Delta,” ujar Sri Mulyani dalam keterangan persnya, Kamis 16 Desember 2021.

Sri Mulyani menyebut dua tahun terakhir merupakan tahun yang sangat sulit yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi Indonesia. Pandemi Covid-19 masih belum berakhir karena munculnya berbagai varian baru sehingga berdampak pada perekonomian.

“Tahun ini, kami sangat terpengaruh, seperti yang dialami lebih dari 130 negara lainnya yang terkena dampak varian Delta yang memberi tekanan pada proses pemulihan ekonomi,” katanya.

Sri Mulyani menegaskan bahwa Pemerintah akan terus memberikan dukungan dari sisi fiskal untuk sektor kesehatan, khususnya pada program vaksinasi, serta terus adaptif dan fleksibel merespon dampak dari munculnya varian Covid-19.

“Saat ini, Presiden juga menginstruksikan agar vaksinasi juga menjangkau anak-anak. Ini untuk anak-anak antara 6 hingga 11, yang akan diluncurkan bulan ini. Kami juga menyasar mereka yang paling rentan yang belum mendapatkan vaksinasi,” ujarnya.

 

Tags : Pemuliha Ekonomi , kemenkeu , Omicron

Berita Terkait