KESDM: Alat Pemantauan Gunung Semeru akan Dimodernisasi

| Senin, 20/12/2021 11:01 WIB
KESDM: Alat Pemantauan Gunung Semeru akan Dimodernisasi Gunung Semeru. (Foto: nusadailycom)

RADARBANGSA.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan akan memodernisasi peralatan pemantauan yang terdapat di Pos Pemantauan Gunungapi Semeru.

Dia mengatakan salah satunya yang akan terealisasi adalah pemasangan thermal camera. Alat itu akan memantau suhu luncuran awan panas ketika terjadi erupsi di Gunungapi Semeru

"Nah ke depannya kita akan melengkapi sistem pengamatan kita, beberapa peralatan akan kita tambah. Kita akan mengupgrade, kalau sekarang memang standar, kita perlu tambahkan lagi di beberapa titik. Contohnya thermal camera, kalau sekarang ini baru efektifnya ke daerah yang memang kelihatan spotnya, nanti kita lihat apakah ke depannya potensi Awan Panas Guguran (APG) akan ke daerah lain atau tidak, di situ thermal camera akan kita lengkapi,” kata Arifin dalam keterangannya, Senin 20 Desember 2021.

Thermal camera ini rencananya akan ditempelkan di (area) Besuk Kobokan.

“Kalau memang ada luncuran awan panas, langsung ketahuan temperaturnya berapa. Nah, cuma kan jaraknya 13 km ya, karena ke atas sana lagi tertutup kabut. Kita sedang cari jalan, bagaimana caranya kita bisa lebih ke titik pengamatan yang lebih dekat," tandas Arifin.

Tags : ESDM , Semeru

Berita Terkait