Gus Halim: Desa Jadi Benteng Pelindung Perempuan dari Kekerasan Seksual

| Rabu, 05/01/2022 16:09 WIB
Gus Halim: Desa Jadi Benteng Pelindung Perempuan dari Kekerasan Seksual Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa, PDTT) Abdul Halim Iskandar terus berupaya menjadikan desa sebagai ujung tombak upaya pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan. 

“Desa harus mampu menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi anak dan perempuan. Desa harus menjadi benteng pelindung mereka, terbebas dari tindak kekerasan atas nama apapun,” kata Gus Halim, sapaan akrabnya di Jakarta, Selasa 4 Januari 2022.

Gus Halim mengungkapkan, maraknya tindak kekerasan seksual pada perempuan pada akhir-akhir ini semakin memerlukan peran serta desa sebagai pemerintahan terkecil yang berhubungan langsung dengan warga.

“Saya berharap jaringan pencegahan dari desa bisa sampai ke tingkat rukun tetangga (RT).  Sehingga, sosialisasi pencegahan bisa dilakukan serempak oleh semua pihak ke semua lini dan kelompok-kelompok rentan," ungkapnya.

Menurut Gus Halim, pencegahan tindak kekerasan perempuan juga dapat dilakukan dengan mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa.

Gus Halim menegaskan siklus diskriminasi terhadap perempuan ini harus diputus, terutama di desa. Dalam arah kebijakan desa (SDGs Desa) keberpihakkan kepada perempuan ditegaskan dalam tujuan SDGs Desa kelima yakni keterlibatan perempuan desa.

Tags : TPKS , Desa , Gus Halim

Berita Terkait