Kemenkes Harap Kasus Omicron Tak Meledak Seperti Negara Lain

| Minggu, 09/01/2022 23:20 WIB
Kemenkes Harap Kasus Omicron Tak Meledak Seperti Negara Lain Varian Omicron COVID-19. (Foto: idxchannelcom)

RADARBANGSA.COM - Kasus Omicron dilaporkan terus bertambah di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat, hingga Minggu, 9 Januari 2022, kasus Omicron telah dikonfirmasi sebanyak 414 kasus. 

Karena itu, Kemenkes meminta masyarakat tidak boleh lengah terhadap penularan kasus varian baru dari virus corona itu. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi khawatir jika varian Omicron bisa meningkat pesat seperti di India.

"Kita tidak boleh lengah, jangan sampai gelombang ketiga terjadi di Indonesia. Jangan sampai apa yang terjadi di India terjadi juga di Indonesia, di mana dalam 10 hari terakhir terjadi kenaikan tren kasus dari 6 ribuan menjadi 90 ribuan kasus konfirmasi Omicron. Ini yang kita hindari," kata dr Nadia seperti dilansir dari detik.com.

Sejak teridentifikaai pada 16 Desember 2021 lalu, kasus Omicron terus bertambah di Tanah Air. Kebanyakan kasus tersebut berasal dari pelaku perjalanan internasional seperti Arab Saudi dan Turki, dan ada juga kasus transmisi lokal. 

Jika dirinci, selama Desember 2021, kasus konfirmasi Omicron tercatat sebanyak 136 kasus. Sementara awal tahun 2022 hingga 8 Januari sekarang sudah mencapai 278 orang.

Tags : Kemenkes , Omicron , COVID-19 , Indonesia