Menkes Ungkap 4 Negara Penyumbang Terbanyak Omicron di Indonesia

| Senin, 10/01/2022 17:03 WIB
Menkes Ungkap 4 Negara Penyumbang Terbanyak Omicron di Indonesia Varian Omicron COVID-19. (Foto: idxchannelcom)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan bahwa positivity rate COVID-19 varian Omicron dari pelaku perjalanan luar negeri 65 kali lebih tinggi dibanding transmisi lokal. Hal itu setelah Kemenkes melaporkan total kasus COVID-19 varian Omicron telah mencapai 414 kasus di Tanah Air.

"Positivity rate untuk kedatangan luar negeri adalah 13 persen, jauh di atas positivity rate transmisi lokal yang 0,2 persen. Artinya kedatangan dari luar negeri ini 65 kali lebih tinggi dibanding positivity rate transmisi lokal," ujar Budi dalam konferensi pers virtual terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin, 10 Januari 2022.

Menkes menyampaikan, terdapat empat negara sebagai penyumbang terbesar kasus Omicron di Indonesia, antara lain: Arab Saudi, Turki, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab (UEA).

Keempat negara ini menurut Menkes karena para pelaku perjalanan dari tujuan tersebut terkonfirmasi varian Omicron. "Ini memperkuat hipotesa kami bahwa sebagian besar kasus terjadi saat ini disebabkan kedatangan luar negeri. Negara-negara yang paling tinggi sekarang bergeser pertama adalah Arab Saudi, kedua Turki, ketiga Amerika Serikat, dan keempat adalah Uni Emirat Arab," tuturnya.

Tags : Kemenkes , Omicron , Luar Negeri , Indonesia