Tingkatkan Pelayanan Ketenagakerjaan, Menteri Ida Fauziyah Resmikan Layanan SIAPkerja

| Rabu, 12/01/2022 20:41 WIB
Tingkatkan Pelayanan Ketenagakerjaan, Menteri Ida Fauziyah Resmikan Layanan SIAPkerja Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah meresmikan layanan aplikasi berbasis digital yakni "SIAPkerja" atau Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan di Bekasi, Jawa Barat, Rabu 12 Januari 2022.

Menurut Menaker Ida, aplikasi SIAPkerja sebagai alat utama ekosistem digital untuk pelayanan ketenagakerjaan yang menyeluruh dan terintegrasi.
 
"SIAPkerja sebagai branding baru dari Kementerian Ketenagakerjaan dengan melakukan penyempurnaan di berbagai segi dari Sisnaker, sistem informasi ketenagakerjaan yang terdahulu," kata Menaker Ida Fauziyah.
 
Menaker Ida menuturkan ekosistem digital SIAPKerja dipersiapkan untuk menjadi bagian dari solusi. Selain bisa mempermudah dan memperluas akses pelayanan di bidang ketenagakerjaan, fitur-fitur yang dimilikinya juga sangat bermanfaat untuk mengatasi aneka macam masalah terkait data dan informasi.

"Hanya saja seiring dengan berjalannya waktu, penyempurnaan platform dan kerangka kerja yang mendasarinya tentu harus dilakukan terus-menerus sesuai perkembangan kebutuhan," tukasnya.
 
Menaker Ida menjelaskan bahwa layanan digital SIAPkerja tersebut terintegrasi pada empat pelayanan ketenagakerjaan secara digital. Pertama adalah Skillhub yang meliputi skillingreskilling, dan upskilling. Kedua Sertihub, yaitu pelayanan sertifikasi ketenagakerjaan untuk standar kompetensi dengan kualitas yang terjamin untuk setiap pelatihan. Ketiga Karirhub, yaitu menghubungkan para pencari kerja dengan pemberi kerja.
 
"Keempat Bizhub, dimana portal ini adalah memberikan pelayanan kepada angkatan kerja yang mempunyai minat sebagai Tenaga Kerja Mandiri (TKM) yang terhubung dengan pelatihan bisnis, mentoring, jaringan usaha, hingga pembiayaan modal usaha," tutupnya.

 

 

 

Tags : SIAPkerja , Kemnaker

Berita Terkait