Usai Diguyur Hujan, 45 Rumah Warga Jember Terendam Banjir

| Selasa, 18/01/2022 21:20 WIB
Usai Diguyur Hujan, 45 Rumah Warga Jember Terendam Banjir Banjir remdam 45 rumah warga di tiga desa di Kabupaten Jember (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Hujan deras mengguyur Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Senin 17 Januari 2022 petang kemarin. Usai hujan, banjir pun menerjang rumah-rumah warga di tiga kecamatan yakni Kaliwates, Patrang dan Sukorambi.

"Sebanyak 45 rumah warga pada tiga desa yang tersebar di tiga kecamatan terendam banjir," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Selasa 18 Januari 2022.

Muhari menjelaskan, BPBD Jember bersama unsur TNI, Polri, serta aparat desa dan kecamatan membantu warga yang evakuasi ke tempat aman, "Tidak ada laporan korban jiwa atau pun luka-luka akibat kejadian banjir kemarin," jelasnya.

Selain populasi terdampak, lanjut Muhari, satu jembatan terdampak imbas banjir tersebut, namun BPBD belum mengkonfirmasi tingkat kerusakan jembatan penghubung antar desa ini. 

"Pada kajian inaRISK, BNPB mengidentifikasi sebanyak 31 kecamatan memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Tiga kecamatan yang saat ini terdampak termasuk pada wilayah dengan potensi bahaya tersebut," katanya.

Di sisi lain, kata Muhari, pemerintah daerah dan masyarakat perlu mewaspadai potensi bahaya lain, yaitu gerakan tanah. Analisis Gerakan tanah dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Januari 2022 ini menyebutkan sejumlah wilayah dengan potensi bahaya banjir, sedangkan tujuh kecamatan juga berpotensi banjir bandang, seperti di wilayah Kecamatan Bangsalsari, Ledokombo, Mayang, Panti, Rambupuji, Silo dan Sumberjambe. 

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait