Jokowi: Tahun 2022 Momentum Kuat Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional

| Kamis, 20/01/2022 20:25 WIB
Jokowi: Tahun 2022 Momentum Kuat Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Berbagai indikator perekonomian terus menunjukkan perbaikan, stabilitas perekonomian dan sistem keuangan tetap terjaga dengan baik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, indikator tersebut dapat menjadi pondasi yang kuat untuk melakukan akselerasi pemulihan. Menurutnya, tahun 2022 akan menjadi momentum dan penanganan pandemi sudah semakin terkendali, meskipun hati-hati masih ada varian omicron yang harus diwaspadai.

"Penanganan pandemi yang semakin baik ini harus kita pakai untuk membangkitkan optimisme, memberikan keyakinan, memberikan kepercayaan yang lebih besar pada masyarakat dan kepada para pelaku usaha untuk segera melanjutkan aktivitas ekonomi dan aktivitas-aktivitas produktif lainnya,” kata Presiden Jokowi di Jakarta, Jumat 20 Januari 2022.

Meskipun kinerja ekonomi sektor riil terus membaik, tetapi Presiden Jokowi mengingatkan untuk tetap waspada terhadap perkembangan pandemi Covid-19 utamanya varian omicron dan juga dinamika ekonomi global yang masih penuh ketidakpastian, karena memiliki dampak terhadap perekonomian Indonesia.

"Diperlukan strategi penanganan yang lebih spesifik, harus detail, dan efektif serta tetap penuh kehati-hatian agar tidak mengganggu upaya-upaya pemulihan yang sedang kita lakukan,”tukas Presiden.

Presiden Jokowi menuturkan, kebijakan dan instrumen pengawasan pada sektor jasa keuangan harus mampu mencegah meluasnya dampak pandemi Covid-19 khususnya terhadap perekonomian dan sektor keuangan, serta dapat membantu sektor informal dan UMKM agar mampu bertahan dan diharapkan bahkan bisa tumbuh lebih baik.

 

“Saya mengharapkan dukungan dari sektor dan industri jasa keuangan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi dan mensukseskan agenda reformasi struktural tersebut,” ungkapnya.

Tags : Pemulihan Ekonomi Nasional

Berita Terkait